Makna Ungkapan “Islami”

 

Sering mendengar ungkapan si fulan Muslim tetapi tidak islami, atau si fulan orangnya islami tetapi bukan muslim, hingga menimbulkan perkataan yang melampaui batas, misalnya : “Lebih baik orang tidak beragama yang perbuatannya islami dari pada muslim tetapi tidak islami. Kedua pilihan itu sama-sama tidak baik, karena yang menyebabkan suatu perbuatan itu memiliki nilai Islami, bukan hanya pada bentuk perbuatannya melainkan berawal dari niat dan tujuannya.

Jika seseorang melakukan perbuatan baik, misalnya membuang sampah pada tempatnya, maka perbuatan itu di nilai Islami jika tujuannya untuk menjaga kebersihan dan niatnya karena Allah (takwa). Perbuatan, tujuan dan niat harus berkaitan dengan Ridhonya Allah. Namun bukan berarti yang melakukan perbuatan baik tanpa niat dan tujuan karena Allah akan luput dari pahala, mereka memperoleh pahala tetapi hanya sebatas kebaikan urusan duniawi, semua keuntungan yang diperolehnya hanya materi dunia yang sesaat.

“…Sesungguhnya wanita budak yang mukmin lebih baik dari wanita musyrik, walaupun dia menarik hatimu…” Qs.2:221

Meskipun yang dibicarakan dalam ayat tersebut mengenai memilih pasangan hidup, namun nilai-nilainya dapat kita ambil dalam segala aspek saat kita harus memilih mana yang baik atau burk (mukmin adalah muslim yang Islami).

Mukmin adalah muslim yang berusaha taat yang kekurangan dan kelebihannya lebih baik dari pada urusan dunia meski ia menarik hati. Dan dalam masyarakat muslim, figur seperti itu, insya Allah masih bisa ditemukan, selama mayoritas masyarakatnya masih memilki nilai-nilai yang lurus. Karena pemimpin, adalah cermin dari masyarakatnya.

Jadi jika kita memiliki pemimpin yang perilakunya baik namun nilai-nilai yang di anutnya bertentangan dengan yang di ridhoi Allah, maka kita harus waspada, demikian juga jika pemimpin kita seorang muslim namun jauh dari perilaku islami kitapun harus berhati-hati…Itu sebabnya, perlu musyawarah, kebersamaan dan saling mengingatkan agar kita tidak termasuk kaum yang berada “Di tepian” yaitu bersikap berlebihan atau bersikap tidak berpendirian.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s