Sebaik-baik perkataan, adalah Alqur’an

1003218_411838272250270_1305983944_n

jika kamu melihat seseorang menjawab setiap pertanyaan dan menerangkan setiap penglihatan (mata hati), dan menceritakan setiap yg diketahuinya, maka ketahuilah bahwa yg demikian itu tanda kejahilannya (al hikam)

Sebaik-baik perkataan, adalah Alqur’an, Ia berbicara sesuai kadar sifat kemanusiaan yg relatif, dapat dipahami oleh awam, dan dapat menjangkau kepuasan bagi yang mencari hakikat2 tersembunyi para intelektual), alquran adalah bahasa kebijakkan.

Ucapan seorang muslim, selalu berada dibelakang akal, penjaganya adalah hatinya, dan yang membersihkan ucapannya adalah istigfar. dan sebaik-baik seorang muslim, mendahulukan apa yg bisa dilakukannya sebelum apa yg dia katakan.

Dan sebaik-baik seorang muslim, yg menyederhanakan perkataannya, tidak mengecilkan hati dan tidak pula menumbuhkan kesombongan hati orang yg dihadapinya. Bagaikan air yg mengalir dari dalam sebuah teko, ia hanya akan mengalirkan sebagaimana isinya, jika isinya bening maka bening pula yg dikeluarkannya. Namun sebuah teko dikendalikan oleh pemiliknya (hati dan akal) yang hanya akan mengeluarkan isinya sesuai dengan kadar tempat yg disediakan baginya (dirinya dan orang yang dihadapinya), bagi dirinya, sudahkah ia mengamalkan apa yg hendak ia perintahkan pada orang lain, dan sudahkah ia cukup mawas diri tentang apa yg sudah dan belum ia perbuat. Dan bagi orang lain cukupkah ia terlebih dahulu memahami apa yg dibutuhkannya. seringkali seseorang mengatakan apa yg ingin dia katakan, apa yg diketahuinya, bagaikan minyak diatas air, perkataanya tidak lebih dari perhiasan dirinya dan pemuas hawa nafsunya.

Sebagaimana tanaman yang memilki akar, yang akan tumbuh dan berkembang, demikianlah perkataan yang lahir dari ketulusan hati bukan dari pertimbangan akal semata, akan sampai kedalam hati tumbuh dan memberikan manfaat. Sekiranya apa yang disampaikannya di ingkari cukuplah, perkataannya menjadi ibadahnya, tetaplah tentram hatinya, ia tidak murka kerana diingkari.

Bandung, Alfi Arni

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s