The secret of spiritual

bagaimana cinta dan spiritual tumbuh dalam hati manusia?. Mengapa begitu banyak alasan untuk satu sama lain saling menghakimi?, karena bukankah spiritual bukan hanya tentang apa yang kita ketahui mengenai kebenaran dan keyakinan, namun ada sesuatu yang menghubungkannya, yaitu sentuhan yang begitu personal dalam diri manusia. Jadi bagaimanapun, ada sisi dalam diri manusia yang tidak bisa di fahami oleh orang lain disekitarnya, dan bahasa setinggi apapun, tidak bisa mewakili apa yang tersembunyi tumbuh dan berproses dalam hati manusia.

Misteri cinta dan spiritual adalah sebuah garis perak. namun jika ada sebuah pengingkaran akal dan hati manusia dapat melihat dengan jelas.

keyakinan seperti dua sisi mata uang, mudah dihalau oleh kekaguman dan kebencian, namun keduanya tetap menjadi bagian dari pergulatan hati untuk menguji. Allah telah menyimpan sebuah alat tersembunyi dalam setiap hati manusia, yang tidak bisa di ingkari geraknya, dengan menyadari ini, maka setiap dari kita akan tetap bisa menjaga takaran yg bijak manakala harus berhadapan dengan pembenaran dan kebenaran

Katakanlah: “Tidak sama yang buruk dengan yang baik, meskipun banyaknya yang buruk itu menarik hatimu, maka bertakwalah kepada Allah hai orang-orang berakal, agar kamu mendapat keberuntungan.” qs.5:100

Setiap dari kita berproses pada pengenalan tentang segala sesuatu yang bersentuhan dengan kehidupan personalnya, dan waktu akan membawa kita pada pengenalan diri melalui pendekatan Tuhan yang tersembunyi. Itulah setiap dari kita dihadapkan pada ujian yang berbeda-beda, dan dari sana,Siapa yg mengenal dirinya, dia akan mengenal tuhannya, siapa yg sudah mengenal tuhannya, maka dia akan tau apa yg harus ditambahkan untuk dirinya dan orang lain.

waktu bukanlah sesuatu yang yang melewati dan meninggalkan kita begitu saja, dia menyimpan sesuatu untuk kita, dan menentukan tentang sesuatu. waktu adalah ketika Allah menciptakan, melihat dan menunggu. jika kita memiliki persepsi positip tentang dimana kita berdiri saat ini, maka kita tidak akan kehilangan manfaat waktu….Allah tidak pernah beranjak pd waktu kemarin, saat ini, dan nanti.

apa yg kt usahakan,fikirkan, angan-angankan, dan yg ingin kt yakini, dari kehidupan dunia, ada yang akan cuma menjadi buih. syetan menjadikan indah apa yang tersembunyi dari akal dan hati, disebabkan kelalaian kita mengingat Allah sebagai tujuan. hati yg khusu akan mudah mengurai sgl tipu dy yg tersembunyi.

Allah telah menurunkan air (hujan) dari langit, maka mengalirlah air di lembah-lembah menurut ukurannya, maka arus itu membawa buih yang mengambang. Dan dari apa (logam) yang mereka lebur dalam api untuk membuat perhiasan atau alat-alat, ad…a (pula) buihnya seperti buih arus itu. Demikianlah Allah membuat perumpamaan (bagi) yang benar dan yang bathil. Adapun buih itu, akan hilang sebagai sesuatu yang tak ada harganya; adapun yang memberi manfaat kepada manusia, maka ia tetap di bumi. Demikianlah Allah membuat perumpamaan-perumpamaan .qs.13:17

kita bisa berpegang teguh pada apa yang ingin diyakini, meskipun ia begitu abstrak. namun yg akan diminta pertangungjawabannya adalah hanya yg dapat kau ketahui dan pelajari. jadi apapun yg ingin kita simpan dalam hati sebagai harapan yg tidak ingin di akhiri, jangan pernah kita melepaskan diri dari kauliyah dan kauniyahNya.

Ayat kauliyah

Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan carilah jalan yang mendekatkan diri kepada-Nya, dan berjihadlah pada jalan-Nya, supaya kamu mendapat keberuntungan.qs.5:35

Ayat Kauniyah

Kami akan memperlihatkan kepada mereka tanda-tanda (kekuasaan) Kami di segala wilayah bumi dan pada diri mereka sendiri, hingga jelas bagi mereka bahwa Al-Qur’an itu adalah benar. Tiadakah cukup bahwa sesungguhnya Tuhanmu menja…di saksi atas segala sesuatu?QS. Nuh (41): 53

Ketika kita mengalami keletihan spiritual, dan nafsu membawa pada angan-nagan yang ingin kita yakini, untuk lebih bisa bertahan dan mengalahkan kejenganhan waktu, maka doa adalah penjaga sesuatu tetap terhubung, tidak ada alasan untuk berhenti berdoa, meskipun itu adalah bayangan kita , kau tidak akan benar2 di ijinkan memiliki sepenuhnya.doa-lah yg melepaskanmu dari para peniup bukhul.

Dan apakah mereka tidak memperhatikan segala sesuatu yang telah diciptakan Allah yang bayangannya berbolak-balik ke kanan dan ke kiri dalam keadaan sujud kepada Allah, sedang mereka berendah diri? Qs.16:48.

Hanya kepada Allah-lah sujud (patuh) segala apa yang di langit dan di bumi, baik dengan kemauan sendiri ataupun terpaksa (dan sujud pula) bayang-bayangnya di waktu pagi dan petang hari. Qs.13:15.

semua mengalami isra dan menuju kpd mi’raj, bagaimana keterpakuanmu pada sesuatu mentukan seberapa banyak dan seberapa tinggi, dan menentukan nilai dari sesuatu. ujian (dalam isra’)membawa kepada mi’raj, ketika materi tidak lagi menjadi tumpuan spiritual. meskipun pada awalnya materi adalah perantara, namun pada akhirnya kualitas dari proses spiritual seseorang, akan lambat laun meninggalkan kebergantungan mereka pada pembuktian materi, karena Setiap dari kita,ada sisi spiritual yang secara fitrah memiliki “indra” untuk merasakan kekuatan abstrak yang akan memandu kepada kebenaran bukan pembenaran, namun keterpakuan kita kepada dunia membuat kita lengah untuk menghidupkannya dan menjadi semangat kita untuk menemukan tujuan dari semua yg kita inginkan dan usahakan.

maka jangan hanyut sendiri, Dia mengawasi, mendengarkan,& memutuskan, Dia yang bungkam mamun menunjukan bahawa Dia ada. Dia yg mengabulkan krn sesuatu, yg membiarkan karena sesuatu, Dia yg selalu menunggu, Dia yang menahan siksanya, namun menyegerakan rahmatNya. panggil Dia, meski tidak yakin, tak perduli jika awalnya krn …sesuatu selain Dia, sujud meski terasa hambar, jika Dia dicari, Dia akan turun kedalam hati, memberikan jawaban yang akan mudah kita mengerti, memberikan dorongan untuk kita berbuat sesuatu.

Pada akhirnya,spiritual bukanlah tentang apa yang harus kita ketahui lebih banyak lagi, namun tentang bagaimana membuat diri kita tetap terjaga dan berada dalam lingkaran sebuah garis perak., yaitu menjaga keterhubungan melalui do’a. wa Allah A’lam

alfi arni

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s